Sabtu, 12 Februari 2011

my sweet seventeen

Meskipun 17 tahunnya udah sebulan yang lalu, tapi baru bisa diceritain sekarang. emang bener, ulang tahun yang ke-17 merupakan ulang tahun yang spesial. banyak hadiah-hadiah terindah yang mengisi ulang tahun ke-17. ulang tahun saya jatuh tepat pada tanggal 14 Januari hari jumat. padi kamis malamnya, mamah ngomong sama saya "besok kamu ulang tahun yang ke-17. mau kado apa?" pertanyaan yang luar biasa. dan saya hanya bisa menjawab "gak usah kado. doa aja." mamah bilang "itu mah udah pasti". dan saya langsung beranjak tidur. esok harinya tepat tanggal 14 Januari, pada pagi hari mamah gak ngucapin selamat. mungkin mamah lupa. tapi kakak laki-laki saya mengucapkan selamat ulang tahun. dia merupakan orang ke-3 yang mengucapkan selamat. sesampainya di sekolah, gak ada yang aneh semua berjlan seperti biasa. hari itu juga ada teman saya yang berulang tahun. kami memiliki tanggal, bulan, dan tahun lahir yang sama. hanya saja dia lahir jam 8 pagi dan saya jam 7 malam. teman sebangku saya pun sempat mengucapkan selamat ulang tahun. dan saya ditampar dengan keras oleh Roro dan Nadil. dua manusia anarkis. teman-teman dekat saya belum ngucapin, jujur agak kecewa. mungkin mereka lupa. bahakan pada saat istirahat jumatan, saya 'dianiaya' oleh dua sintia di depan ruang guru. disaksikan oleh orang-orang yang sedang berlalu lalang. tapi, dua sintia itu tidak peduli terhadap orang-orang yang berlalu lalang tersebut. pada saat pelajaran terakhir, ada banyak pemberitahuan. mulai dari perubahan jadwal pelajaran (maklum baru masuk semester baru) dan tugas-tugas. ketika saya sedang asyik mendiskusikan tugas-tugas. lalu saya sedang malas untuk mencatat, maka saya berniat untuk memfoto semua tulisan yang ada di papan tulis. ketika saya sedang memfoto, tiba-tiba datanglah Nuy membawakan sebuah kue yang berlilinkan 718. saya bingung, buat siapa kue itu. dan siapa yang berulang tahun dengan umur 718. ternyata angka itu bermakna 17 untuk saya dan Putri (orang yang tanggal, bulan, dan tahun lahirnya sama dengan saya) dan angka 18 untuk teman saya Ikey, yang berulang tahun pada tanggal 6 Januari yang ke18. sudah menjadi sebuah tradisi di kelas bahwa jika ada yang berulang tahun akan diberi kejutan. prosesi peniupan lilin dan pemotongan kue berlangsung ricuh. banyak yang menempelkan krim kue ke muka kami bertiga. itu membuat muka saya menjadi lengket. saya mencuci muka dengan air, ternyata itu langkah yang salah, langkah yang benar adalah lap semua krim di muak dengan tisu. akhirnya acara kejutan itu berlangsung dengan lancar. akhirnya saya pulang bersama teman-teman yang mau les ke salah satu lembaga bimbingan belajar di Bandung yang terkemuka. sesampainya di rumah. mamah sedang asyik membuat nasi kuning dan memasukkannya ke dalam dus. saya terheran-heran. akhirnya mamah menjelaskan pada saya bahwa nasi kuning itu akan dibagikan kepada saudara dan tetangga. nasi kuning itu juga untuk memperingati hari ulang tahun saya. dan mamah pun mengucapkan selamat ulang tahun pada sore itu.
20 Januari 2011
saya dikagetkan. tepatnya pada hari kamis, ketika saya dan uci akan pulang, lebih tepatnya les. saya dicegat jj di mesjid jj bilang "mu, ditunggu Bu Diah di ruang guru" saya kaget, saya balik tanya "ada apa j?" jj tidak menjawab dan berjalan terburu-buru. saya bingung campur kaget. ya sudah daripada ada apa-apa, saya balik lagi ke ruang guru. saya mencari Bu Diah, tetapi saya tidak menemukannya. tapi teman saya tarin langsung bilang bahwa Bu Diah ada di meja lain sedang mengobrol. ya sudah saya menghampiri beliau. saya bertanya "bu, tadi kata jj saya dipanggil ibu. ada apa ya bu?" Bu Diah menjawab "oh itu, kamu mau ambil rapot kamu g?" saya menjawab "enggak bu, saya punya fotocopyannya dirumah" Bu Diah "oh, ya udah ibu titip pesen, tolong kasih tau yang lain buat remedial secepatnya" saya "iya bu." saya dan uci berinisiatif untuk mengambilakan kertas remedial di ruang kurikulum. ketika lewat ruang guru, Bu Diah bilang kalau saya dan uci diminta mengambil absen di kelas. ketika saya mau ke kelas, uci meninggalkan saya. terus saya dicegat oleh fani dan jj. mereka menanyakan saya beberapa hal seputar tugas, dan ketika pembicaraan kita selesai, saya akan menyusul uci ke kelas. tapi tiba-tiba jj berteriak dan mengatakan bahwa saya dipanggil Bu Diah ke ruang guru lagi. saya pergi ke ruang guru. ketika di ruang guru. Bu Diah malah menanyakan absensi pada saya, saya bingung terus saya balik tanya "tapi kata jj, saya dipanggil ibu lagi." terus Bu Diah menjawab "enggak ah" saya beranjak dari ruang guru. tapi tiba-tiba Bu Diah memanggil saya "mu, yang mau ngobrol sama kamu Bu Yani." akhirnya saya mengobrol bersama Bu Yani dan kami bercerita panjang lebar. tak tersa waktu berjalan dengan cepat dan saya mengakhiri obrolan dengan ijin untuk pergi les. sesampainya di depan ruang guru, tiba-tiba uci bilang kalau barangnya ada yang tertinggal di kelas, dia minta saya ubtuk kembali ke kelas. tapi saya menolaknya dengan alasan sudah terlambat les. tapi dia marah dan berlari ke kelas. dengan perasaan kesal saya ke kelas bersama astri (teman baik saya). sesampainya di depan kelas astri membukakan pintu untuk saya. ketika saya masuk dan saya dengan lantang berbicara "ci, cepet udah telat nih" tiba-tiba ada banyak orang di dalam kelas yang menyanyikan lagu Happy Birthday. saya panik saya tidak bisa mencari uci, saya cari uci di kelas sebelah ternyata uci tidak ada. ternyata dia duduk di bangku paling belakang. saya masuk lagi ke kelas dan anti membawakan saya kue. saya meniup lilin dan memotong kue. ternyata orang-orang yang ada disana adalah rekan-rekan saya di osis 38 dan 39. sungguh hadiah terindah di ulang tahun ke-17. yang dihadiri orang-orang terhebat satu perjuangan bersama. dan akhirnya saya pergi les bersama uci.

special thanks to:
  • Allah SWT yang telah memberi waktu untuk bisa merasakn umur 17 tahun. yang memberikan nikmat dan karunia tiada tara.
  • mamah yang udah mengandung saya selama 9 bulan, melahirkan saya. dan membesarkan saya hingga saat ini da seterusnya, dan yang selalu mendoakan saya.
  • bapak yang udah menjadi laki-laki terbaik dalam hidup saya.
  • kakak-kakak saya. teh Ery, aa ci, dan teh Ami.
  • Bu Diah dan Bu Yani yang mau dan sudah membimbing saya.
  • Pengurus OSIS Angkatan 38, yang udah inget sama ulang tahun saya, yang udah mau kerja sama buat ngewujudin proker demi proker.
  • buat adik-adik PO 39.
  • 5MILE, 5HIT, 5PARTAN. dengan tradisi merayakan ulang tahunnya. yang udah ngisi akhir tahun saya dengan warna yang baru yang lebih cerah.
  • buat uci yang udah mau diajak kerja sama sama jallu cs
  • buat astri yang ternyata otak dibalik ini semua.
  • buat saudara-saudara, maksih buat kado sama KTPnya.
  • buat temen-temen yang udah ngucapin selamat baik di fb atau lewat sms.
  • dan buat semua yang gak bisa ditulis satu-satu namanya disini,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar