Jumat, 29 Oktober 2010

puisi karya anak bangsa

penguasa negara

aku tahu kau bimbang
memikirkan rakyat yang menjerit perih
harga barang-barang naik
demo dimana-mana
kemiskinan melanda
kebodohan terjadi
hotel prodeo penuh sesak
tapi mengapa korupsi ada
disaat rakyat menagis tak ada sesuap nasi
disaat itu pula para tikus memakan kertas haram
tikus-tikus licik kekenyangan
tapi apakah mereka ingat, rakyat yang menangis
tapi, bagi tikus yang tak berakal
itu bukan kekenyangan tapi kelaparan
ya,tikus akan berpikir seperti itu
karena mereka hanya binatang kecil
yang bisa dibasmi ole manusia yang besar.


sendiri

aku butuh diriMu untuk meridhoi jalan ku
aku butuh orang tuaku untuk melepasku
aku tak butuh kawan disampingku
aku hanya butuh Aku, diriMu, dan orang tuaku.


sahabat

kau disamping Ku
kau didekat Ku
kau hadir dalam hari-hari Ku
tapi kau tak mengerti Aku.


manusia sempurna

kejamnya hidup aku rasakan
cacian dan makian aku dapatkan
sendiri disudut keramaian
itulah aku
manusia yang tak sempurna
mencoba menantang arus kehidupan
mencoba berbeda dalam sebuah persamaan
berontak dari sebuah adat
dikucilkan sudah kebiasaan
aku hanya butuh peluk dan cium ibuku
untuk menjadi manusia sempurna.


perubahan

langit yang gelap pun akan terang
ombak yang ribut juga akan tenang
tapi mengapa hatiku yang sunyi tak berubah menjadi genderang yang berbunyi nyaring.


pujian

batu karang yang keras bisa lunak dengan sapuan ombak
kayu bisa lapuk dengan gigitan rayap
besi bisa rapuh dengan karat
dan hati manusia bisa tersentuh hanya dengan sebuah pujian.


kemungkinan

keinginannya ringan, mudah
tapi godaannya kuat
bulan bisa berhenti mengelilingi bumi
bumi bisa berhenti berputar
matahari bisa terbit dari barat
matahari bisa tak menyinari bumi lagi
itu semua kehendak Tuhan.


senyuman

menangislah jika kau mau
tertawalah jika kau bahagia
tersenyumlah karena itu sebuah ibadah.


menunggu

ketika pena menari-nari diatas kertas
ketika otakku berputar didalam kepala
dan hatiku menanti sebuah jawaban
kau tetap diam tak berulah.


.......

aku bodoh
aku hanya mengurung diri dalam sebuah kamar
terhimpit diantara tembok kesepian
tak berani melihat dunia yang indah
dunia masa muda ku
aku ingin merasakan cinta
tapi aku takut untuk memasuki dunia penuh cinta
diamlah aku.


?????

tak bisa aku memikirkannya
tak terlintas aku akan merasakannya
bagiku itu merupakan hal yang rumit
munafik..
diucap berkata bahwa tak akan
tapi di hati ingin merasakan
jika mau katakan mau
dan jika tidak katakan tidak.


wanita setengah abad

dikala mentari menampakan diri
suara merdu nyanyian seekor ayam mulai terdengar
dan air yang mengalir dari hulu ke hilir
wanita setengah abad itu sibuk dengan pekerjaannya
tak pernah ada nada mengeluh yang keluar dari mulutnya
aku bangga padanya
aku bangga pada Ibuku.


pria tua diantara bintang-bintang

kau bagaikan langit di malam hari
kau hitam, kelam
kau menyembunyikan keindahan malam
keindahan yang sangat elok
kau jahat
kau bohongi kami dengan keindahanmu
kau tak seindah yang aku bayangakan
tetapi
di lubuk hatiku yang paling dalam kau tetap indah
seindah langit di malam hari.


ini hanyalah kumpulan puisi yang dibuat pada saat waktu luang. mohon maaf bila ada salah kata. maklum masih belajar...
kritik, saran, dan pujian ditulis saja di kolom komentar..
terima kasih...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar